Google Camera - Aplikasi kamera aseli bikinan Google

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-feat

Apakah kamu hobi poto-poto di smartphone Android? Nah, kali ini kami akan me-review sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Google baru-baru ini. Pengen tau lebih lanjut fitur apa yang akan dibawa dalam Google Camera ini? Yuk, mari kita simak pada artikel di bawah ini.

Aplikasi Google Camera ini membawa sejumlah fitur fotografi untuk semua pengguna Android 4.4 KitKat yang sebelumnya hanya eksklusif hanya dapat digunakan untuk ponsel Nexus.

Fitur yang akan kamu temui pada aplikasi Google Camera adalah Photo Sphere, yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar panorama dengan pandangan 360 derajat.

Selain juga fitur Panorama, kamu juga akan mendapati fitur baru  Lens Blur, yaitu untuk membantu pengguna mengambil foto dengan depth-of-field dangkal. Atau bahasa fotografi nya adalah “Bokeh“. Atau lebih gampangnya lagi, latar belakang foto kamu akan nge-blur dan fotonya akan fokus pada sasaran foto utama. Cocok untuk mem-foto orang atau barang dengan jarak 5 kaki ke depan.

Semua fitur tersebut kini tersedia untuk semua perangkat Android yang menggunakan OS KitKat.

Jika kamu meng-install Google Camera pada ponsel Nexus 5, aplikasi ini akan mengganti dan me-replace aplikasi kamera bawa’an Nexus 5, begitu juga dengan logo aplikasi kamera-nya. Kamu bisa melihat perbedaan logo-nya melalui gambar di bawah ini.

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-1

 

Di dalam aplikasi Google Camera kamu akan menemukan beberapa pilihan pengambilan gambar seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-2

 

Dalam menu setting, tidak banyak pengaturan yang dapat kamu lakukan. Di sini kamu dapat melakukan perubahan resolusi & kualitas foto, seperti berapa megapixel hasil jepretan yang kamu inginkan, berapa besar kualitas hasil pengambilan gambar Panorama atau Photo Sphere kamu. Juga ada pilihan untuk penyimpanan lokasi foto pada file Exif. Pada menu Advanced, kamu bisa mengubah fitur Manual Exposure mau dihidupkan atau dimatikan.

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-3

 

Nah, sekarang kami akan melakukan percobaan. Apa sih yang dapat dilakukan pada fitur Lens Blur? Yuk mari kita lihat perbedaannya dengan foto biasa,

Gambar di bawah ini diambil dengan Camera HDR (tanpa blur).

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-4

Kemudian gambar di bawah ini dimabil dengan menggunakan fitur Lens Blur.

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-5

Bisa kamu lihat kan perbedaanya? Pada foto kedua, saya mem-fokuskan gambar pada obyek burung, setelah menekan tombol untuk mengambil gambar, aplikasi ini akan menyuruh menggerakkan ponsel Android  kita agak ke atas (perintah akan muncul di layar). Setelah itu, kamu akan menunggu sekitar 4 detik hingga proses bluralisasi selesai. Waduh, bluralisasi loh, hihihi ~

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa screenshot layar Android saat melakukan proses pengambilan gambar menggunakan aplikasi Google Camera.

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-6

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-7

 

Di bawah ini adalah proses pengambilan gambar menggunakan aplikasi Google Camera dengan fitur Photo Sphere:

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-8

 

Sedangkan di bawah ini adalah proses pengambilan gambar menggunakan aplikasi Google Camera dengan fitur Panorama:

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-9

Dan ini adalah hasil Panorama nya:

google-camera-aplikasi-kamera-aseli-bikinan-google-panorama

 

Ok, secara keseluruhan saya cukup puas, meskipun setelah meng-install saya sempet kaget karena aplikasi camera bawa’an saya terhapus dan ter-replace dengan aplikasi Google Camera ini. Tapi tidak apa-apa. Semua terbayar dengan fitur tambahan Lens Blur. Hmm.. tapi satu hal lagi yang agak mengganjal adalah Google tidak menambahkan fitur Square, dimana kita dapat mengambil foto dalam bentuk persegi. Seperti yang pernah saya lihat dalam aplikasi kamera bawa’an iOS. Semoga Google akan menambahkannya di update mendatang.

Kamu dapat men-download Google Camera di Play Store secara gratis melalui tautan dibawah ini.

Untuk mendapatkan informasi seputar berita Android dan review aplikasi Android lainnya, Like Aplikanologi di Facebook , Follow di Twitter dan jangan lupa juga Circle di Google+ ya. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,
Bagi & sebarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *