Cara Rooting Android Lollipop pada Moto G

Sebagai salah satu produk paling larisnya Motorola, Moto G tentu banyak mendapat dukungan dari para Developer yang meluangkan waktunya untuk mengembangkan tools dan custom ROM. Karena Moto G mendapatkan jatah update Lollipop secara resmi dari Motorola, maka bisa dipastikan update tersebut membawa banyak aplikasi yang sebenarnya bisa dipastikan nggak terpakai.

Aplikasi-aplikasi bawaan yang nggak dipakai bisa dihapus jika kamu sudah mendapatkan akses root. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, bahwa ada banyak dukungan dari para pengembang tools. Nah, Chainfire – yang merupakan pengembang rooting tools terkemuka – adalah pengembang pertama yang merilis tool buat rooting Lollipop pada Moto G.

Untuk melakukan rooting kamu harus menggunakan sebuah komputer yang telah terinstall driver dan fastboot tentunya. Silakan baca tulisan di Aplikanologi tentang cara praktis install fasboot baik di Mac OS X, Linux, dan Windows.

Selain itu pastikan juga kamu sudah unlock bootloader, ini otomatis sih, karena untuk menginstall Lollipop di Moto G kamu harus unlock bootloader juga.

Cara ini akan menggunakan CF-AUTO-ROOT yang dibuat oleh Chainfire. Chainfire ini jugalah developer di balik root management tool SuperSU.

1. Silakan download CF-AUTO-ROOT di sini, ini khusus untuk model XT1033 ya. Simpan filenya di komputer dan ekstrak file ZIP-nya.

2. Matikan Moto G dan masuk ke fastboot mode dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

Sebenarnya sih CF-AUTO-ROOT ini sudah menyediakan file installer yang bisa langsung dieksekusi, tapi entah kenapa file itu nggak bisa berjalan baik ketika saya coba. Akhirnya saya langsung saja eksekusi perintah intinya, yaitu untuk flashing file .img yang berada di dalam folder image. Berikut perintahnya.

3. Masuk ke folder CF-AUTO-ROOT hasil ekstrak file ZIP tadi dengan mengetik perintah di ADB:

cd CF-Auto-Root-falconumtsds-falconretbrds-xt1033

4. Lalu masuk ke folder image dengan cara memasukkan perintah:

cd image

5. Lalu flash file .img yang ada di dalam folder

fastboot boot CF-Auto-Root-falconumtsds-falconretbrds-xt1033.img

6. Tunggu sampai selesai dan reboot Android seperti biasanya.

Kalau berhasil, seharusnya muncul aplikasi SuperSU, pastikan dengan aplikasi root checker yang bisa didapat dari Play Store.

Screenshots Moto G yang sudah di-Root:

supersu-moto-g-lollipop

rooting-moto-g-lollipop

 

Nah itulah step by step cara Rooting Moto G yang sudah terpasang OS Android Lollipop. Oh iya buat kamu yang belum tau banyak tentang seluk beluk ADB dan Rooting, saya sarankan untuk belajar dulu tentang apa itu ADB. Karena jika sampai salah langkah Moto G kamu bisa Bootloop.

tania-nangis-004

Tags: , , , , , , ,
Bagi & sebarkan

One thought on “Cara Rooting Android Lollipop pada Moto G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *