Google Berencana Untuk Membuat Chipset Sendiri. Ciyus?

Hae geis dan gals para pembaca setia Aplikanologi.com dimanapun kalian berada. Seperti yang kamu ketahui bahwa Google saat ini menjadi penguasa dunia mobile device melalui sistem operasinya yaitu Android. Sekarang, perangkat yang memakai sistem operasi Android menduduki posisi yang paling tinggi dengan vendor bermacam-macam.

(kredit: Tweaktown)

Nah, tapi rupanya Google nggak puas begitu saja menguasai dunia mobile dengan sistem android mobilenya saja. Masih ada perbedaan antara sistem operasi Android dengan sistem operasi tetangga yakni iOS milik Apple. Sistem operasi milik Android ini telah didukung oleh para produsen penyedia prosesor seprti Qualcomm, MediaTek, hingga Samsung pun juga iya. Kalo untuk iOS sendiri hanya didukung oleh hardware buatan Apple saja. Kemudian, masalah utama yang dihadapi oleh Android ini sendiri adalah adanya fragmentasi. Kabarnya, dalam hal ini Google akan meniru Apple.

Berita ini pertama kalinya dikabarkan oleh The Information yang mengatakan bahwa katanya Google akan bertemu dengan vendor pembuat chip untuk membicarakan rencana pembuatan chip milik Google ini sendiri. Dikabarkan pembicaraan tersebut akan berlangsung pada musim gugur ini. Namun geis dan gals, belum diketahui juga dengan siapa Google akan mengadakan pembicaraan untuk membuat chip milik Google ini sendiri.

google-campus-googleplex-android

Google ingin menerapkan berbagai fitur yang menarik didalam chip yang mereka buat. Contoh fitur yang akan ditambahkan mereka yakni seperti fitur AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) serta fitur-fitur lain yang bisa dimanfaatkan dari sinergisitas antara hardware dan software yang digunakan. Hal tersebut merupakan tujuan Google dalam merancang chip untuk Android.

Namun yang jelas ini semua masih wacana geis dan gals. Semoga aja berita ini nggak hoax. Diambil aja positifnya yes. Kalo memang berita ini benar adanya, pasti kinerja dari perangkat Android akan semakin optimal. Dengan dibuatnya chip Android milik google ini sendiri, tentunya para pelaku bisnis chip yang lain juga jadi memiliki referensi untuk membuat chip yang performanya bisa lebih di optimalkan untuk sistem operasi Android.

Tags: , ,
Bagi & sebarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *