Developer Kini Bisa Upload APK Sampai 100MB!

Halo geis and galzz. Kalian pasti ngerti dong apa itu APK? Nah APK itu merupakan singkatan dari Android Package, dimana fungsi dari APK ini sendiri adalah sebagai file instalasi. Ya sama seperti pada jenis file .EXE yang biasa kamu temukan dalam OS Windows kamu atau file .dmg yang sering kamu jumpai di Mac OS. Jadi jika kamu mau menginstal aplikasi di smartphone android kamu, berarti kamu harus mendownload file apk terlebih dahulu kemudian baru di install di smartphone kamu geis dan gals.

android_APK_icon

Udah ngerti kan kamu tentang APK? Ngomongin soal APK, baru-baru ini ada kabar baru yang dibagikan oleh blog Android-developers. Kabar tersebut mengatakan bahwa Google menaikkan batas APK menjadi 100 MB yang sebelumnya hanya sebesar 50 MB. Nah dengan adanya informasi ini pastinya banyak para pengembang software dan pengembang game yang berbahagia. Mengapa? Karena dulu banyak game dengan fitur menarik hanya memiliki ukuran file APK yang kecil namun pada saat kita memainkan game tersebut rupanya kita harus update file game sebesar bermega-mega. Atau malah giga..

Nah geis, galz, hal tersebut akan menjadi angin segar bagi para developer yang berkeinginan untuk membuatsebuah aplikasi atau game yang lebih bagus daripada yang sebelumnya mereka buat. Karena memang, semakin banyaknya fitur yang diberikan pastinya akan berpengaruh ke besar file installernya (APK). Jadi buat kamu kamu dan kamu yang merasa gamer, mungkin kedepannya kamu akan diberikan game-game dengan fitur yang lebih oke daripada fitur yang sebelumnya..

Kemudian melalui artikel yang diterbitkan tadi, para pengembang aplikasi maupun game diberikan saran-saran oleh pihak Google. Walaupun sekarang para developer bisa membuat file APK dengan besar kapasitas sampai dengan 100MB, mereka juga tidak harus membuat APK sampai sebesar itu. Kenapa memangnya min? Hal ini karena beberapa faktor yang harus selalu diketahui dan diingat oleh para developer. Hal tersebut yaitu :

  • Tidak semua pengguna Android di seluruh belahan dunia memiliki kecepatan internet yang sama. Pengguna Android di seluruh dunia mempunyai kecepatan koneksi data yang berbeda-beda. Banyak negara-negara dengan pengguna Android yang mempunyai koneksi data yang lambat (termasuk Indonesia hehe). Untuk negara yang memiliki koneksi lambat, mungkin harus lebih bersabar saat mendownload APK yang besar dan tidak semua pengguna itu bisa sabar.
  • Kuota! Para pengguna akan memikirkan kuota internet mereka dikarenakan pihak operator seluler memberikan batasan untuk mendownload. Jadi pengguna akan selalu berfikir ulang demi kemaslahatan kuota internetnya :)
  • Smartphone Android mempunyai kapasitas RAM dan media penyimpanan yang terbatas. Semakin besar sebuah app atau game, maka semakin berat untuk digunakan, terutama untuk smartphone-smartphone yang bisa dikatakan model lama.
  • Lamanya waktu instalasi akan membuat orang-orang akan bete mendownload sebuah app atau game.

Nah, hal diatas tadi adalah beberapa faktor yang harus diketahui oleh para pengembang aplikasi dan games Android. Semoga artikel ini bermanfaat ya khususnya buat kamu kamu dan kamu Android developer. :)

Tags: , ,
Bagi & sebarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *